Untitled Document
Buang Sampah Sembarangan di Depok, 237 Orang Ditangkap



Update : 2017-03-29


Depok- Sepanjang 2016, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok meringkus 237 pembuang sampah liar yang tertangkap tangan membuang sampah sembarangan di Kota Depok.
Melalui tim buru sergap yang gencar melakukan penertiban, dari 237 yang diamankan itu, tidak semuanya warga Depok. Sebanyak 103 pelaku diketahui ber-KTP Depok dan 134 lainnya ber-KTP luar Kota Depok.
Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 2015 yang sebanyak 244 orang. Penurunan jumlah pembuang sampah liar ini ditengarai karena efek jera yang membuat pelaku kapok membuang sampah sembarangan lagi.
Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok Kusumo menuturkan, keberadaan tim buser yang biasa beraksi pada dini hari ini berhasil membuat angka pembuang sampah sembarangan di Depok menurun.
"Kami langsung menangkap jika memang ada yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya," ujar Kusumo di Depok, Jawa Barat, Sabtu (21/1).
Para pembuang sampah sembarangan ini dikenai denda yang akan dilimpahkan kepada mereka sendiri dan besarannya tergantung dari keputusan Pengadilan Negeri Depok dalam tindak pidana ringan (tipiring). Pihak DLHK tidak memberikan intervensi mengenai besarnya denda.
Besaran denda setinggi-tingginya Rp 25 juta atau pidana selama-lamanya 3 bulan kurungan. Selain itu, juga diterapkan hukuman yang berbeda bagi pelaku yang tertangkap tangan dua kali membuang sampah sambarangan.
Dikatakan Kusumo, operasi tim buser ini sudah dilakukan oleh DLHK sejak tahun lalu untuk mewujudkan Depok sebagai kota yang bersih dan hijau. Tim buser biasa beroperasi di titik titik tertentu yang rentan menjadi lokasi pembuangan sampah. Beberapa berlokasi di daerah perbatasan Jakarta dan Depok.
"Sampai saat ini tim kami masih berjalan. Tim kami selalu berpatroli keliling Depok. Kami berharap masyarakat bisa jera dan tidak membuang sampah sembarangan lagi," ujar Kusumo.
Untitled Document


PERATURAN DAERAH


VIDEO DLHK KAB. MAMASA

Untitled Document Untitled Document